Cara Membedakan Madu Asli dan Campuran

Cara membedakan madu asli dengan yang palsu
1. Tidak Lengket
madu palsu agak lengket karena mengandung pemanis dan bahan tambahan. Sedangkan madu asli yang digosokkan dengan cara tadi akan menyerap ke dalam kulit.

2. Sangat Kental
Jika botol madu digoyangkan, madu akan bergerak dengan sangat lambat karena teksturnya sangat kental. Jika madu bisa bergerak dengan cepat dan ringan, bisa jadi itu madu oplosan.

3. Tidak Mudah Larut dalam Air
Siapkan segelas air lalu tuangkan sesendok madu ke dalamnya. Madu asli tidak mudah larut dalam air dan akan mengendap di dasar gelas, sementara madu palsu cepat menyatu dengan air.

4. Rasa
Rasa madu asli tidak tertinggal di lidah, berbeda dengan madu palsu.

5. Tidak Berbuih Jika Dipanaskan
Madu asli akan berkaramelisasi dengan cepat saat dipanaskan, namun tidak berbuih. Busa biasanya akan muncul pada madu palsu karena ada tambahan kelembapan, gula, dan air

6. Tes Korek Api
Jika madu asli, api akan menyala dengan mudah. Jika tidak, kemungkinan madu tersebut palsu karena mengandung air.

Lebah adalah binatang kecil yang terukir indah dalam Alquran. Allah mengabadikan namanya pada salah satu surah dalam Alquran, yakni Annahl. Tentu, ada keistimewaan yang dimiliki hewan ini hingga namanya termaktub dalam kitab yang suci dan mulia. Lihat surah Annahl [16] ayat 68-69.

Lebah diciptakan Allah SWT dengan banyak memberi manfaat bagi manusia. Di antara manfaatnya adalah madu. Perhatikanlah kehidupannya. Ada banyak manfaat yang bisa diambil hikmahnya dari lebah.
1. Makan yang bersih
2. Mengeluarkan yang bersih
3. Tidak pernah merusak benda
4. Pekerja keras
5. Gotong royong

Allah memberikan pelajaran bagi manusia untuk mengambil hikmah dari lebah. Ia makhluk kecil yang memberikan manfaat sangat besar bagi manusia. Tentunya, tak hanya dari lebah, setiap hamparan yang ada di alam semesta ini diciptakan oleh Allah SWT untuk kebutuhan manusia. Maka, bisakah kita mengambil pelajaran?

#madu
#madumurni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *